DPR RI Harap Forum APPF Dapat Berperan untuk Perdamaian Dunia

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 24 November 2023 | 12:46 WIB
Syahrul Aidi Maazat (Sinpo.id/DPR)
Syahrul Aidi Maazat (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Dalam Annual Meeting Asia Pasific Parliamentary Forum (APPF) ke-31, anggota BKSAP DPR RI Syahrul Aidi Maazat, berharap forum tersebut dapat memiliki peran yang luas.

Sehingga tidak hanya berdampak pada negara yang berada di kawasan Asia Pasifik saja, tetapi juga berkontribusi dalam perdamaian dunia.

“Tadi kita juga mendukung dan bekerja sama untuk menyampaikan bahwasanya forum ini tidak boleh egois hanya memikirkan kawasan," kata Aidi, dikutip Jumat 24 November 2023.

"Tetapi harus juga berkontribusi bagi perdamaian dunia, bagi penegakan hak asasi manusia di dunia, dan bantuan terhadap daerah atau negara-negara yang mereka itu tertinggal, atau terjadi pelanggaran hak asasi manusia,” sambungnya.

Namun menurutnya, keinginan tersebut tidak hanya disampaikan oleh delegasi Indonesia, tetapi juga disampaikan oleh negara Jepang dalam pasal draft resolusi usulannya bersama Chile, Rusia, Mexico, Australia, dan Filipina yang berjudul ‘Resolution on Strengthening The Capacity of Parliaments to Promote Regional Peace and Stability,’. 

Oleh karena itu, kata Aidi, apabila resolusi yang disampaikan dapat disetujui, maka negara-negara anggota APPF juga secara tidak langsung dapat berpartisipasi dalam membantu negara Palestina, yang saat ini menjadi korban kemanusiaan Israel.

“Saya kira seperti di Palestina, bantuan kemanusiaan harus sampai ke sana. Oleh negara-negara anggota APPF ini kepada negara-negara seperti Palestina,” imbuhnya.sinpo

Komentar: