Jokowi Resmikan Tangguh Train 3, Kilang Gas Bumi Rp72,45 Triliun di Papua Barat

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 24 November 2023 | 12:49 WIB
Peresmian Tangguh Train 3, Papua Barat (Sinpo.id/Presiden RI)
Peresmian Tangguh Train 3, Papua Barat (Sinpo.id/Presiden RI)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) kilang gas Tangguh Train 3 senilai Rp72,45 triliun, di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Tangguh Train 3 ini merupakan kilang gas alam cair Liquified Natural Gas (LNG) dan proyek penghasil gas bumi terbesar di Indonesia.

"Hari ini kita akan meresmikan proyek Tangguh Train 3, penghasil gas bumi terbesar di Indonesia dan juga kita juga akan groundbreaking proyek Ubdari (pengembangan lapangan), carbon capture, utilization, and storage (CCUS), dan proyek hilirisasi blue ammonia, dan proyek lapangan migas asap kido merah," kata Jokowi melalui siaran persnya, Jumat, 24 November 2023.

Jokowi menyebut hasil produksi dari proyek tersebut dapat meningkatkan kapasitas produksi tahunan Tangguh LNG menjadi 11,4 juta ton per tahun.

“Dan berkontribusi signifikan untuk mendukung target produksi gas 12 miliar kaki kubik per hari pada tahun 2030,” ujarnya.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengapresiasi kehadiran PSN tersebut karena mampu menyerap banyak tenaga kerja dalam negeri, utamanya tenaga kerja asli Papua.

“Saat ini, 70 persen tenaga operasional tangguh adalah pekerja dari Provinsi Papua Barat dan Papua,” paparnya.

Lebih lanjut, Jokowi pun menyambut baik rencana Tangguh LNG yang menetapkan target sebesar 85 persen pekerja operasi pada tahun 2029 adalah tenaga kerja asli Papua.

“105 teknisi operasi dan pemeliharaan kilang LNG adalah putra putri Papua Barat dan Indonesia yang telah direkrut sejak SMA, yang menjalani program pendidikan dari BP di Berau,” ungkapnya.
sinpo

Komentar: