BKSAP DPR RI Dorong Parlemen Negara Sahabat Dukung Kemerdekaan Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 24 November 2023 | 22:30 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon  (SinPo.id/ Ari Harahap)
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon (SinPo.id/ Ari Harahap)

SinPo.id - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, melakukan belum lama ini melakukan pertemuan dengan anggota parlemen Inggris, Jeremy Corbyn, di gedung Portcullis House, Kompleks Parlemen Inggris, untuk menggalang dukungan bagi Palestina.

Pasalanya, Corbyn merupakan mantan Ketua Partai Buruh (Labour Party) dan Pemimpin Oposisi Inggris periode 2015-2020 yang diketahui selalu menyuarakan dukungan untuk kemerdekaan Palestina.

"Jeremy Corbyn ini dikenal sebagai pendukung kuat Palestina. Tak hanya di Inggris, tetapi juga di panggung global. Penting untuk menjaring dukungan dari kawasan Eropa, dan beliau sudah setuju untuk bergabung sebagai anggota Liga Parlemen untuk Palestina,” kata Fadli, dalam keterangan persnya, Jumat 24 November 2023.

Menurutnya, pertemuan tersebut tidak hanya menjadi bukti hubungan jangka panjang antara Indonesia dan Inggris, tetapi juga sebagai simbol dukungan parlemen lintas negara dalam memperkuat solidaritas internasional terhadap rakyat Palestina.

"Pada pertemuan itu, kami bersepakat bahwa untuk terus mengadvokasi perjuangan Palestina dan menekankan perlunya segera dilakukan gencatan senjata di Gaza," ungkapnya.

Bahkan kata Fadli, Corbyn pun menekankan pentingnya tindakan kolektif dalam jaringan parlemen untuk mendukung Palestina yang masih digempur oleh militer Israel.

Oleh karena itu, keduanya sepakat untuk memperjuangkan isu tentang Palestinadi panggung internasional, dan mendorong parlemen-parlemen negara sahabat mendukung inisiatif perdamaian global di tengah memanasnya isu geopolitik dan ketimpangan kekuatan besar. sinpo

Komentar: