Jokowi Targetkan Satu Juta Guru Diangkat Jadi ASN PPPK di 2024

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 25 November 2023 | 15:10 WIB
Presiden Jokowi hadiri HUT ke-78 PGRI dan HGN 2023 (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Jokowi hadiri HUT ke-78 PGRI dan HGN 2023 (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan satu juta guru honorer diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024.

Menurut Jokowi, langkah ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan para guru di Tanah Air.

"Ini laporan yang saya terima dari Mendikbud dan Menpan-RB rekrutmen guru ASN P3K tahun 2021 dan tahun 2022 telah terdapat 544.000 guru honorer yang lolos seleksi ASN P3K," kata Jokowi di peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN tahun 2023 di Jakarta, Sabtu, 25 November 2023.

"Dan harapan kita nanti dalam tiga tahun akan ada kurang lebih 840.000 guru yang direkrut sebagai ASN PPPK dan 2024 nanti akan mencapai satu juta guru ASN PPPK," tambahnya.

Jokowi menegaskan pemerintah terus bekerja keras untuk memberikan dukungan terhadap guru termasuk peningkatan kesejahteraan.

"Permasalahan guru honorer misalnya terkait dengan kepastian karir dan kesejahteraannya, saat ini sudah tahap demi tahap teratasi berkat program seleksi guru ASN PPPK," katanya.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut guru merupakan kunci pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM). Negara perlu mencetak guru-guru unggul supaya bonus demografi Indonesia di masa mendatang menjadikan masyarakat yang lebih maju. 

"Dengan peran bapak ibu guru yang sangat strategis ini pemerintah menaruh harapan besar dan saya berharap PGRI dan seluruh jajaran pendidik untuk terus memperjuangkan pendidikan yang inklusif, yang aman, yang nyaman sekaligus menyenangkan anak-anak," tandasnya.sinpo

Komentar: