Meski Diguyur Hujan, Kualitas Udara Jakarta Masih Buruk

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 26 November 2023 | 12:04 WIB
Suasana kota Jakarta (Sinpo.id/Beritajakarta)
Suasana kota Jakarta (Sinpo.id/Beritajakarta)

SinPo.id -  Kualitas udara DKI Jakarta berada pada level tidak sehat bagi kelompok sensitif berdasarkan parameter US Air Quality Index (AQI US), meski dalam satu pekan terakhir diguyur hujan.

Namun demikian, Jakarta tidak masuk ke dalam sepuluh besar kota dengan tingkat polusi udara terburuk di dunia pada hari ini, Minggu, 26 November 2023. 

Data tersebut diambil pada pukul 10.30 WIB. Indeks kualitas udara Jakarta berada di angka 141 dan menempati rangking 13 dari 108 kota di seluruh dunia.

Sementara itu, polutan utama berukuran PM2.5 dengan konsentrasi 51.8 µg/m³. Angka Konsentrasi itu 10.4 kali nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Warga DKI Jakarta dan sekitarnya disarankan untuk menggunakan masker apabila akan beraktivitas di luar rumah atau outdoor.

Selain itu, masyarakat juga disarankan untuk menghindari aktivitas outdoor. Juga menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor serta nyalakan penyaring udara.

Sementara itu, suhu di Jakarta adalah 31 derajat celsius dengan kelembapan 85 persen, gerak angin 11.1 km/h, dan tekanan sebesar 1.008 milibar.

sinpo

Komentar: