Kim Jong Un Rayakan Peluncuran Satelit Mata-mata Militer ke Orbit

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 26 November 2023 | 12:00 WIB
Presiden Korea Utara, Kim Jong Un (Sinpo.id/KCNA)
Presiden Korea Utara, Kim Jong Un (Sinpo.id/KCNA)

SinPo.id -  Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, merayakan era baru kekuatan luar angkasa milik Korea Utara bersama para ilmuwan dan keluarganya setelah berhasil menempatkan satelit mata-mata militer, yang diberi nama Malligyong-1, ke orbit.

Dalam beberapa jam setelah peluncuran satelit tersebut, Korea Utara mengklaim bahwa pemimpinnya telah meninjau gambar pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Guam.

"Peluncuran tersebut merupakan pelaksanaan penuh hak untuk membela diri. Satelit mata-mata ini akan membantu melindungi Korea Utara dari gerakan berbahaya dan agresif dari kekuatan musuh," kata Kim saat berkunjung ke badan antariksa nasional. Dilansir dari ABC, Minggu 26 November 2023.

Menurut para ahli menempatkan satelit mata-mata ke orbit akan meningkatkan kemampuan pengumpulan data oleh intelijen Korea Utara, khususnya terhadap Korea Selatan, agar dapat menampilkan data penting dalam setiap konflik militer.

Berdasarkan gambar yang dirilis oleh Pyongyang terlihat Kim memuji para ilmuwan dan pekerja program luar angkasa di Administrasi Teknologi Dirgantara Nasional (NATA) sambil ditemani oleh putrinya yang masih kecil, Ju Ae.

Merespon perayaan peluncuran satelit tersebut, Korea Selatan mengkonfirmasi bahwa peluncuran itu memang berhasil. Namun menurut merema masih terlalu dini untuk menentukan apakah satelit itu berfungsi seperti yang diklaim oleh Korea Utara. sinpo

Komentar: