Tiga Mahasiswa Palestina di AS Ditembak Dekat Universitas Vermont

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 27 November 2023 | 08:47 WIB
Tiga mahasiswa Palestina yang ditembak di AS (SinPo.id/ CBS News)
Tiga mahasiswa Palestina yang ditembak di AS (SinPo.id/ CBS News)

SinPo.id - Tiga mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi Amerika Serikat (AS) ditembak oleh seseorang tak dikenal di dekat Universitas Vermont, pada Sabtu malam. Keluarga korban meminta para pejabat AS untuk menyelidiki insiden tersebut sebagai kejahatan rasial.

Ketiga korban yakni Hisham Awartani mahasiswa Brown University di Rhode Island, Kinnan Abdel Hamid seorang mahasiswa di Haverford College di Pennsylvania, dan Tahseen Ahmed mahasiswa di Trinity College di Connecticut, saat ini masih dirawat dengan tingkat keparahan luka yang berbeda.

Seorang juru bicara dari kepolisian Burlington mengatakan pihaknya belum dapat mengidentifikasi atau menangkap seorang penembak, serta belum mengetahui kemungkinan motifnya.

“Kami menyerukan kepada penegak hukum untuk melakukan penyelidikan menyeluruh, termasuk memperlakukan ini sebagai kejahatan rasial. Kami tidak akan merasa nyaman sampai penembaknya diadili,” kata keluarga dari ketiga mahasiswa yang menjadi korban. Dilansir dari Reuters, Senin 27 November 2023.

Pasalnya, penembakan itu terjadi ketika adanya peningkatan insiden Islamofobia dan antisemit di AS, termasuk serangan kekerasan dan pelecehan online, sejak konflik Israel-Hamas meletus pada 7 Oktober.

Menanggapi insiden tersebut, Komite Anti-Diskriminasi Amerika-Arab, sebuah organisasi advokasi yang berbasis di AS, juga meminta penegak hukum negara bagian dan federal untuk segera menyelidiki penembakan itu sebagai kejahatan rasial.

“Peningkatan sentimen anti-Arab dan anti-Palestina yang kita alami belum pernah terjadi sebelumnya, dan ini adalah contoh lain dari kebencian yang berubah menjadi kekerasan,” kata Direktur Eksekutif Nasional ADC Abed Ayoub.sinpo

Komentar: