Sambangi Kantor DPRD Kabupaten Ngawi, MKD DPR RI Sosialisasikan TNKB

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 28 November 2023 | 15:47 WIB
Ketua MKD DPR RI, Adang Daradjatun berfoto dengan jajaran penegak hukum Kabupaten Ngawi (Sinpo.id/DPR)
Ketua MKD DPR RI, Adang Daradjatun berfoto dengan jajaran penegak hukum Kabupaten Ngawi (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI menyambangi kantor DPRD Kabupaten Ngawi, Jawa Timur dalam rangka sosialisasi pada Selasa, 28 November 2023.

Sosialisasi ini diikuti sejumlah elemen mulai Anggota Dewan hingga aparat penegak hukum seperti Kejaksaan Tinggi dan Aparat Kepolisian.

Dalam sosialisasinya, MKD menyampaikan sejumlah hal mulai dari tugas dan fungsi MKD, hak imunitas, hingga penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus legislator.

Ketua MKD DPR RI, Adang Daradjatun mengatakan sosialisasi ini dilakukan karena berkaitan dengan tugas dan fungsi MKD yang dikuatkan lewat UU Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Dalam pelaksanaan tujuan tersebut, Adang menjelaskan bahwa Pasal 121A menegaskan bahwa pelaksanaan fungsi Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI dilakukan melalui 2 mekanisme, yakni 1) pencegahan dan pengawasan; serta 2) penindakan.

Selanjutnya, Pasal 122A menjelaskan bahwa di antara bentuk pencegahan tersebut dilakukan dengan sosialisasi dan kerja sama dengan lembaga lain dalam rangka mendukung kelancaran kinerja Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI.

"Atas dasar amanat itulah, kami selaku
Pimpinan dan Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI bermaksud membangun kerja sama yang sinergis serta menjalin komunikasi," kata Adang dalam sambutannya, di kantor DPRD Ngawi, Jawa Timur, Selasa, 28 November 2023.

Lebih jauh legislator Dapil Jakarta III ini memaparkan maksud dari sosialisasi ini dilakukan, tak lain untuk mengajak seluruh stakeholder bersama memahami dan menjaga citra baik marwah anggota DPRD maupun DPR RI di depan masyarakat.

"Kami menyadari bahwa perkembangan
zaman yang semakin dinamis telah menempatkan kinerja kelembagaan DPR RI dalam ruang yang terbuka. Mata publik dengan mudah memberikan sorotan dan persepsi sesuai dengan pemandangan yang tampak oleh mereka," jelas anggota Komisi III DPR RI tersebut.

Adang menegaskan terlepas dari kompleksitas persocalan tersebut serta kesenjangan visi dan paradigma tentang bagaimana memandang kinerja kelembagaan DPR RI yang sesungguhnya, "Mahkamah Kehomatan Dewan DPR RI tentu saja berkepentingan dengan wajah dan citra baik kelembagaan DPR RI," tegas politisi PKS itu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Ngawi, Heru Kusnindar menghaturkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk berbagi ilmu bersama.

"Kami haturkan terima kasih. Tentunya kehadiran pak Adang menjadi sebuah kebahagiaan karena Pak Adang mau berbagi ilmu kepada kami," kata Heru.
sinpo

Komentar:
BERITATERKINI
Harga Telur Ayam Terus Naik
GALERI
7 menit yang lalu
SBY Restui AHY Jadi Menteri ATR
POLITIK
43 menit yang lalu
Harga Beras Semakin Tinggi
GALERI
52 menit yang lalu