Hizbullah Berharap Gencatan Senjata di Gaza Terus Berlanjut

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 29 November 2023 | 11:31 WIB
Bendera Hizbullah bersandingan dengan bendera Palestina (Sinpo.id/Reuters)
Bendera Hizbullah bersandingan dengan bendera Palestina (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id - Seorang politisi senior Hizbullah, mengatakan pihaknya sangat berharap jika gencatan senjata antara Israel dan Palestina akan terus berlanjut, mengingat saat ini Hizbullah juga telah membayar kompensasi kepada masyarakat di Lebanon selatan yang menderita kerugian selama perang berlangsung.

Pasalnya, sejak dimulainya perang Hamas-Israel pada tanggal 7 Oktober lalu, Hizbullah ikut terlibat dalam permusuhan terburuk dengan Israel sejak tahun 2006. 

Namun konflik di perbatasan telah berhenti sejak Hamas dan Israel sepakat untuk melakukan gencatan senjata sementara.

“Insya Allah, gencatan senjata akan berlanjut,” kata anggota parlemen senior Hizbullah, Hassan Fadlallah, dilansir dari CNA, Rabu 29 November 2023.

Sebelumnya, konflik yang terjadi di perbatasan Israel-Lebanon telah memaksa puluhan ribu warga sipil di kedua sisi perbatasan untuk meninggalkan rumah mereka. Terlebih serangan Israel di Lebanon juga telah menewaskan sekitar 100 orang, dan 80 orang di antaranya adalah pejuang Hizbullah.

Mengutip survei Hizbullah mengenai kerusakan akibat serangan Israel di Lebanon, Fadlallah mengatakan 37 bangunan tempat tinggal hancur total dan 11 lainnya terbakar habis. 

Bahkan sekitar 1.500 rumah lainnya di wilayah selatan juga mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan yang berbeda-beda.

Meski demikian, Fadlallah mengatakan bahwa pemerintah Lebanon akan membayar kompensasi, termasuk mobil yang hancur dan kebun zaitun. Kompensasi tersebut terpisah dari kompensasi yang harus dibayarkan oleh Hizbullah.sinpo

Komentar: