KPU Libatkan Berbagai Kalangan Bahas Debat Capres-Cawapres

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 29 November 2023 | 11:34 WIB
Kantor KPU RI (Sinpo.id)
Kantor KPU RI (Sinpo.id)

SinPo.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengundang sejumlah kalangan untuk membahas mekanisme debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan mulai Rabu, 29 November 2023 hari ini, pihaknya akan secara maraton mengundang berbagai kalangan yang dianggap kompeten.

"Mulai dari kalangan akademisi, pemerintah, jurnalis, LSM, dan masyarakat sipil," kata Hasyim di Gedung KPU, Jakarta dikutip Rabu, 29 November 2023.

Hasyim menjelaskan, pertemuan itu bertujuan untuk mematangkan mekanisme hingga topik debat capres-cawapres yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Pemilu. 

"Lalu, metode debatnya seperti apa dan durasinya yang tepat seperti apa, nanti rencananya (FGD) akan digelar pagi hari," paparnya.

Dalam proses itu, Hasyim mengatakan, KPU akan mengundang tim dari masing-masing pasangan capres-cawapres untuk menyampaikan hasil pembahasan dari diskusi tersebut.

"Langkah tersebut, diambil untuk memastikan saat menyusun pertanyaan atau merumuskan problematika yang akan menjadi bahan debat, semuanya sudah terkonfirmasi dengan baik," tandasnya.
sinpo

Komentar: