KAI Tambah 34 Kereta untuk Libur Nataru, Tiket Sudah Bisa Dipesan

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 30 November 2023 | 17:06 WIB
Penumpang kereta api (SinPo.id/ Dok. KAI)
Penumpang kereta api (SinPo.id/ Dok. KAI)

SinPo.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah sebanyak 34 rangkaian kereta api (KA) yang akan beroperasi pada periode mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Penambahan tersebut, akan menyediakan sebanyak 311.856 tempat duduk kereta jarak jauh dan sudah dapat dipesan sejak Rabu, 29 November kemarin.

"KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus di Jakarta, dikutip Kamis, 30 November 2023.

Joni menjelaskan, sebanyak 34 KA tembahan tersebut akan melayani perjalanan jarak jauh, serta tujuan perjalanan favorit seperti Jakarta - Solo pulang pergi (pp), Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Malang pp, Bandung - Solo pp dan lainnya.

"Hadirnya KA tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. 

Adapun daftar KA tambahan untuk periode Nataru sebagai berikut:

1. KA keberangkatan 21 Desember 2023 - 7 Januari 2024:

Manahan (Gambir - Solo Balapan pp), Malioboro Ekspres (Purwokerto - Malang pp), Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp), Kaligung (Tegal - Semarang Poncol pp), Taksaka Tambahan (Gambir - Yogyakarta pp), Gajayana Tambahan (Gambir - Malang pp), Sembrani Tambahan (Gambir - Surabaya Pasarturi pp), dan Lodaya Tambahan (Bandung - Solo Balapan pp).

Kemudian Brantas Tambahan (Pasar Senen - Blitar pp), Kertajaya Tambahan (Pasarsenen - Surabaya Pasarturi pp), Tambahan Kiaracondong - Surabaya Gubeng, Tambahan Surabaya Gubeng - Kiaracondong, dan Kutojaya Utara Tambahan (Pasarsenen - Kutoarjo pp).

2. KA keberangkatan 24 hingga 26, dan 31 Desember 2023, serta 1 dan 7 Januari 2024:

Argo Cirebon (Gambir - Cirebon pp) dan Argo Parahyangan Tambahan (Gambir - Bandung pp).

Sementara itu, KAI mencatat sebanyak 549.612 tiket KA jarak jauh sudah terjual atau 24 persen dari tiket yang disediakan yakni 2.334.340 tiket, untuk periode Nataru pada 21 Desember 2023 - 7 Januari 2024.

Joni menambahkan KA yang menjadi favorit untuk Angkutan Nataru sejauh ini di antaranya KA Bengawan relasi Pasarsenen - Purwosari pp, KA Airlangga relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi pp, KA Serayu relasi Pasarsenen - Purwokerto pp, KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar pp, KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan - Ketapang pp, dan lainnya.sinpo

Komentar: