Capaian Lifting Migas Tak Sesuai Target, DPR Minta Ada Solusi di Sektor Hulu

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 30 November 2023 | 17:29 WIB
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, meminta agar Kepala SKK Migas mencari solusi terkait capaian lifting migas yang selama ini belum sesuai target, untuk meningkatkan produk hulu migas. Pasalnya, di sektor hulu sampai saat ini terasa belum ada solusinya.

Ia menjabarkan hingga semester pertama tahun 2023, lifting migas baru mencapai angka kisaran 620.000 barel minyak per hari, atau sekitar 93,9 persen, dari target APBN 2023 yang sebesar 660.000 barel minyak per hari.

Sedangkan untuk gas bumi, realisasi salur gas bumi untuk triwulan pertama 2023, hanya berada pada angka 5.399 juta standar kaki kubik per hari atau MMSCFD, atau 87,6 persen dari target yang sebesar 6.160 juta standar kaki kubik per hari.

"Meskipun Pemerintah telah melakukan upaya simplifikasi perizinan dan kemudahan di bidang investasi hulu migas, namun realisasinya masih relatif rendah," kata Sugeng, dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan Kepala SKK Migas, Kamis 30 November 2023.

Terlebih sat ini, pencapaian realisasi investasi hulu migas pada triwulan pertama tahun 2023 hanya mencapai USD2,63 miliar atau 16,9 persen dari target sebesar USD15,54 miliar.

Meski demikian, ia mengucapkan selamat karena belum ada seminggu yang lalu telah diresmikan beroperasinya Tangguh Train III. Dengan demikian Sugeng berharap beroperasinya Train III nanti, target-target lifting di gas akan bisa dipenuhi, mengingat target lifting migas terus menurun.sinpo

Komentar: