Usai Diretas "Jimbo", DPR Sebut Sistem di KPU Masih Aman

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 02 Desember 2023 | 12:31 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono (SinPo.id/ Juven M Sitompul)
Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono (SinPo.id/ Juven M Sitompul)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono menyebut sistem Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih dalam keadaan aman. Hal ini disampaikan Dave usai peretas dengan nama anonim "Jimbo" mengeklaim telah meretas situs kpu.go.id, dan berhasil mendapatkan Data Pemilih Tetap (DPT) dari situs.

Akun tersebut membagikan 500 ribu data contoh yang berhasil diperolehnya melalui salah satu unggahan di situs BreachForums yang kerap digunakan untuk jual beli hasil peretasan.

"Muncul kasus baru yang masih diduga terjadi kebocoran. Tetapi dari sejumlah pengakuan dan juga hasil laporan yang kami terima sejauh ini, sistem pemilihan umum dan juga proses perhitungan itu masih dalam kondisi aman. Tidak diganggu oleh pihak-pihak mana pun," kata Dave dikutip dari laman Parlementaria, Sabtu, 2 Desember 2023.

Dave mengatakan Komisi I DPR RI telah meminta pengawasan dan penyelidikan sebaran data yang diduga bocor. Dipastikannya, data yang bocor oleh akun “jimbo” bukanlah data warga yang sensitif. Pun, data di sistem KPU sejauh ini masih terbilang aman.

"Kami akan terus meminta baik Kominfo, aparat lembaga intelijen seperti BIN, dan juga kepolisian, khususnya mereka yang menangani bidang digitalisasi, untuk melakukan pengawasan yang melekat dan memastikan tidak ada luasan atau pembobolan akan sistem KPU," ujar Dave. 

Lebih lanjut Dave menilai kondisi ini menjadi pelajaran bagi KPU untuk memastikan keamanan data masyarakat.

"Penjelasan yang sekarang sudah diberikan, bahwa data yang tercuri itu bukan data-data sensitif. Namun ini menjadi suatu pelajaran untuk KPU lebih teliti dan melakukan koordinasi lebih intens kepada seluruh lembaga dan instansi terkait, guna memastikan data yang kita berikan itu tersimpan dengan baik," pungkasnya.sinpo

Komentar: