Data KPU Bobol, Wapres Minta KPU Jaga Kerahasiaan Data Pemilih

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 02 Desember 2023 | 12:57 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/ Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/ Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar betul-betul menjaga kerahasiaan data pemilih menjelang Pemilu 2024.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ma'ruf Amin menyusul dugaan pembobolan data pemilih tetap (DPT) di situs KPU oleh peretas atau hacker.

“Kami sayangkan bahwa (data) itu sampai bocor, sudah kami sayangkan karena itu kami harapkan KPU harus betul-betul menjaga kerahasiaan," kata Maruf Amin melalui Youtube Sekretariat Wapres, Sabtu, 2 Desember 2023.

Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia itu mengatakan saat ini memang sering terjadi kebocoran-kebocoran data, sehingga hal itu harus menjadi perhatian semua pihak.

"Memang sekarang ini musimnya bocor, musim bocor. Bukan bocor alus ya. Nah ini supaya ke depan itu lebih dijaga,” ujarnya.

Sebagai informasi, situs resmi KPU dilaporkan kembali menjadi korban peretasan oleh hacker dengan nama anonim "Jimbo".

Hacker tersebut mengklaim telah meretas situs kpu.go.id dan berhasil mendapatkan data pemilih sekitar 204 juta dari situs tersebut. Jimbo juga menawarkan data yang berhasil di dapatkannya seharga USD 74.000 atau hampir setara Rp 1,2 miliar.sinpo

Komentar: