Densus 88 Antiteror Polri Ringkus Satu Terduga Teroris di Samarinda Kaltim

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 02 Desember 2023 | 14:56 WIB
Ilustrasi penangkapan teroris (SinPo.id/ Dok. Kominfo)
Ilustrasi penangkapan teroris (SinPo.id/ Dok. Kominfo)

SinPo.id - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri meringkus satu terduga teroris di  di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pada Jumat, 1 Desember 2023. Hal tersebut turut dibenarkan Juru bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar.

"Benar (ada penangkapan). Satu tersangka dari kelompok Jemaah Islamiyah (JI). Tersangka berinisial IAZ ditangkap Tim Densus 88 Antiteror pada Jumat, 1 Desember di Kota Samarinda," ujar Aswin saat dikonfirmasi, Sabtu, 2 Desember 2023.

Menurut Aswin, terduga teroris IAZ adalah berperan sebagai bendahara dalam kelompok teror JI di Samarinda. "Yang bersangkutan salah satu pengurus atau bendahara di jaringan JI," tuturnya.

Kendati demikian, Aswin belum menjelaskan secara rinci mengenai penangkapan itu. Dia menyebut pihaknya masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap terduga teroris tersebut.

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengintruksikan jajaran Kasatwil Polri untuk waspada terhadap ancaman terorisme dan konflik yang dapat mengganggu tahapan Pemilu 2024. Hal ini disampaikan Kapolri Sigit dalam Apel Kasatwil tahun 2023 di Jakarta, Rabu, 1 November 2023.

Sigit menyebut, dinamika tantangan global, termasuk perang Israel-Palestina, dapat berimplikasi terhadap meningkatnya kejahatan terorisme. Hal ini harus diantisipasi oleh Polri agar agenda pemilu dan pembangunan dalam negeri dapat berjalan lancar.

"Menghadapi dinamika tantangan global yang tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya kejahatan, tertentu beberapa waktu yang lalu dampak dari perang Israel-Palestina, tentunya juga membangkitkan sel-sel yang terafiliasi dengan teroris dan mau tidak mau kita juga tentunya harus waspada," ujar Sigit.sinpo

Komentar:
BERITATERKINI
Ada Demo di KPU, Jalan Imam Bonjol Ditutup
PERISTIWA
6 menit yang lalu
Harga Telur Ayam Terus Naik
GALERI
13 menit yang lalu
SBY Restui AHY Jadi Menteri ATR
POLITIK
49 menit yang lalu