Temui Sekjen PBB, Jokowi Dorong Investigasi Pelanggaran Israel di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 03 Desember 2023 | 10:07 WIB
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan sekjen PBB (Sinpo.id/Reuters)
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan sekjen PBB (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan bahwa Indonesia mengutuk keras kekejaman Israel termasuk serangan ke fasilitas sipil pada konflik di Gaza, Palestina.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres di sela-sela konferensi iklim PBB (COP28) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

“Indonesia juga mendukung dilakukannya investigasi melalui mekanisme internasional terkait pelanggaran Israel di Gaza,” kata Jokowi seperti disampaikan dalam keterangan Pers Sekretariat Presiden, dikutip Minggu, 3 Desember 2023.

Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia turut menyambut jeda kemanusiaan yang disepakati antara Israel dengan kelompok penjuang kemerdekaan Palestina, Hamas pada 24 November 2023 lalu.

Namun, mantan Walikota Solo itu menegaskan, kekerasan harus dihentikan secara permanen demi menjamin keselamatan warga sipil, sebagaimana tercantum dalam Resolusi 2712 Dewan Keamanan PBB.

"Bantuan kemanusiaan harus segera masuk ke Gaza dengan aman dan tanpa hambatan," papar Jokowi.

"(Disamping itu) bersama dengan beberapa menteri luar negeri Organisasi Kerja Sama Islam, Menlu RI (Retno Marsudi) juga melakukan diplomasi intensif untuk Gaza,” tandasnya.

Dalam pertemuan itu, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury.

 sinpo

Komentar: