Soal Tudingan Ada Kecurangan Pemilu 2024, Pengamat: Buktikan!

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 03 Desember 2023 | 17:43 WIB
Partai peserta pemilu 2024 (SinPo.id/ Ashar)
Partai peserta pemilu 2024 (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Pengamat politik Bawono Kumoro meminta pihak yang menuding adanya potensi kecurangan di Pemilu 2024 untuk membuktikannya. Pasalnya, jelang tahun politik, isu tersebut berpotensi memecah belah masyarakat.

Diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati sebelumnya meminta untuk tidak mengulangi kecurangan pemilu. Pernyataan tersebut disampaikan Megawati merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/2023 terkait syarat usia calon presiden dan wakil presiden.

"Sebagai sebuah tuduhan serius itu harus bisa dibuktikan," kata Bawono dalam keterangannya, Minggu, 3 Desember 2023.

Bila gagal dibuktikan, kata Bawono, maka tudingan tersebut malah berpotensi membuat kondisi politik gaduh. Artinya, tudingan tanpa bukti hanya menjadi bahan kampanye negatif untuk mendelegetimasi pasangan calon Prabowo-Gibran.

Bawono juga mengaku aneh dengan tudingan kecurangan yang dilontarkan kubu PDIP sebelum pemilu. Karena selama ini tudingan kecurangan pemilu biasa dilontarkan usai pemungutan suara.

"Kali ini agak unik dan aneh tudingan kecurangan pemilu sudah muncul sebelum pemilu dimulai," katanya.

Jika pada akhirnya PDIP keluar sebagai partai pemenang pemilu legislatif, sambung Bawono, apakah partai besutan Megawati itu menuding kecurangan hanya terjadi di pilpres. 'Ini tentu akan membuat publik bingung," imbuhnya.

Lagipula, sambung Bawono, saat ini telah banyak lembaga yang mengontrol potensi kecurangan pemilu. Sehingga sangat tidak mungkin hasil pemilu diubah.

"Juga ada quick count di hari H pemilihan sebagai salah satu instrumen untuk mengontrol hasil pemilu," kata dia.sinpo

Komentar: