Kaji Kelayakan PLTN di Indonesia, PLN Jalin Kerja Sama dengan KHNP

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 03 Desember 2023 | 20:38 WIB
Ilustrasi PLTN (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi PLTN (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Dalam rangka melakukan pra-kajian kelayakan pembangkit listrik tenaga nuklir di Indonesia dengan teknologi small modular reactor, PLN Nusantara Power (PLN NP) menjalin kerja sama dengan Korean Hydro & Nuclear Power (KHNP), dengan menandatangani nota kesepahaman.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan energi masa depan akan lebih bersih dan ramah lingkungan, tak terkecuali nuklir. Sehingga PLN siap mengkaji energi alternatif tersebut sebagai salah satu sumber listrik bersih di Indonesia.

“Di tengah pesatnya pertumbuhan energi bersih di Indonesia, energi nuklir menjadi salah satu hal yang perlu untuk dikaji. Apalagi, nuklir berpotensi menjadi salah satu backbone kelistrikan di masa depan,” kata Darmawan, dikutip Minggu 3 Desember 2023.

Di samping itu, Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah, juga optimis jika kolaborasi dalam pengkajian energi alternatif tersebut akan berdampak positif bagi proses transisi energi di tanah air.

“Perkembangan tenaga nuklir saat ini sangat lah menonjol, bersifat lebih aman, lebih kecil dan bersifat modular sehingga mempunyai peran penting dalam lanskap pembangkitan listrik kita,” terang Ruly.

Sementara dalam upaya menyukseskan transisi energi, Ruly berharap dapat membangun kemitraan strategis dalam jangka panjang dengan KHNP serta berbagai pihak.

“Pembangkit listrik tenaga nuklir untuk mendukung transisi energi Indonesia. Kami akan melakukan studi kelayakan terkait pembangkit listrik nuklir di Indonesia mengadaptasi teknologi reaktor modular kecil yang sudah dilakukan oleh Korsel," kata Ruly menambahkan.sinpo

Komentar: