Mahfud: Pemilu Baik akan Membawa Berkah bagi Indonesia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 04 Desember 2023 | 15:16 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (pakai batik). (SinPo.id/Antara)
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (pakai batik). (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menyatakan Indonesia tidak akan menjadi negara berkah jika proses pemilu tidak berjalan dengan baik. Ini disampaikannya saat menggelar kampanye di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), pada Minggu, 3 Desember 2023.

"Indonesia tidak akan berkah jika pemilunya tidak baik. Kalau proses pemilunya baik, maka berkahnya juga ada," kata Mahfud seperti dikutip dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Oleh karena itu, Mahfud mengajak para kiai untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar memilih sesuai hati nurani. Proses memilih tidak boleh karena dirayu, dijanjikan, atau bahkan diberi uang oleh tim pasangan calon.

Namun demikian, Mahfud optimistis dapat memenangkan Pemilu 2024. Menurut Mahfud, kepercayaan itu berdasarkan pada banyaknya dukungan dari para kiai dan santri di Indonesia terhadap pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Mahfud menjelaskan dia tidak yakin bahwa sejumlah kiai yang sudah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan tertentu akan benar-benar mendukung mereka. Dia tetap berkeyakinan bahwa hati nurani para kiai dan santri tetap pada Ganjar-Mahfud.

"Deklarasi para kiai kepada pasangan tertentu itu hanya formalitas," kata Mahfud.

Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan capres dan cawapres. Ketiganya, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1. Lalu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bernomor urut 2 dan Ganjar-Mahfud dengan nomor urut 3.

KPU menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 pada Selasa, 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan pemungutan suara pada 14 Februari 2024.sinpo

Komentar: