Dinkes DKI: Sebanyak 411 Orang Sudah Terima Vaksin Cacar Monyet Dosis Kedua

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 04 Desember 2023 | 14:39 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (SinPo.id/Gettyimages)

SinPo.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta telah menyuntikan sebanyak 411 vaksin cacar monyet atau monkeypox dosis kedua kepada mereka yang sudah menerima vaksin dosis pertama.

"Sudah 411 orang selesai divaksin mpox 2 dosis," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI, Ngabila Salama, yang dikutip Senin, 4 Desember 2023.

Ngabila menjelaskan, vaksinasi cacar monyet dosis kedua ini diberikan dalam rentang waktu 28 hari setelah pemberian vaksin dosis pertama.

Menurutnya, sejauh ini sudah ada sebanyak 495 orang yang telah disuntik vaksinasi cacar monyet dosis pertama. "Total penerima vaksinasi dosis pertama berjumlah 495 orang," ujarnya.

Lebih lanjut, Ngabila menjelaskan Dinkes DKI menerima sebanyak 1000 dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan. Dari jumlah tersebut, 495 orang diharapkan mendapatkan vaksin dosis satu dan dua.

Sementara itu, sisanya sebanyak 10 dosis digunakan untuk pengujian di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Orang yang berhak menerima vaksin ini adalah kelompok populasi berisiko, yang mempunya riwayat kontak erat terhadap penderita cacar monyet serta populasi tertentu yang berisiko," tandasnya.

Dinkes DKI juga terus melakukan kegiatan edukasi yang melibatkan beberapa aspek, termasuk pola hidup bersih dan sehat, seperti penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga kebersihan. 

Selain itu, disarankan untuk menghindari kontak kulit dan luka, serta menjalani hubungan seksual dengan aman, sehat, dan bersih. Jika seseorang mengalami gejala atau sedang sakit, sebaiknya dihindari melakukan aktivitas tersebut.sinpo

Komentar: