Hadapi Cuaca Ekstrem, BUMN Transportasi Harus Kedepankan Keselamatan Jelang Nataru

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 04 Desember 2023 | 21:18 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Evita Nursanty (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi VI DPR RI Evita Nursanty (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Dalam menghadapi tantangan cuaca ekstrem menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, anggota Komisi VI DPR RI Evita Nursanty, mengingatkan BUMN Transportasi agar senantiasa mengedepankan keselamatan bagi masyarakat.

"Jadi memang perkiraan cuaca itu harus benar-benar diperhatikan dalam hal ini," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan jajaran BUMN Transportasi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 4 Desember 2023.

Ia juga meminta BUMN Transportasi untuk mempersiapkan semua hal dengan matang, termasuk mengantisipasi efek yang mungkin terjadi dari adanya cuaca ekstrem. Pasalnya, cuaca ekstrem dapat mempengaruhi lalu lintas kendaraan, baik itu darat, laut maupun udara.

"Begitu hujan lebat dan lain-lain, tantangan kita adalah kemacetan yang akan terjadi luar biasa. Apalagi ketika ada banjir maupun longsor yang nantinya akan terjadi," paparnya.

Oleh karena itu, Evita menekankan agar BUMN Transportasi benar-benar melakukan persiapan yang maksimal. Terlebih dengan adanya prediksi terkait lonjakan perjalanan pada Nataru nanti.

"Kebanyakan tujuannya ini untuk wisata, kalau lebaran itu kan pulang kampung, kalau Ini kebanyakan penumpang itu adalah berwisata. Ketika orang berwisata, tuntutannya justru lebih besar terhadap kenyamanan, keamanan dan lain-lain," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: