Firli Penuhi Panggilan Kedua Sebagai Tersangka: Walau Saya Sedang Batuk Berat

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 06 Desember 2023 | 15:54 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif Firli Bahuri mendatangi Bareskrim Polri (Sinpo.id/Sigit Nuryadin)
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif Firli Bahuri mendatangi Bareskrim Polri (Sinpo.id/Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif Firli Bahuri memenuhi panggilan kedua penyidik sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasaan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Rabu, 6 Desember 2023. Namun, ia mengaku, dirinya sedang mengalami sakit barut yang berat saat ini.

"Hari ini saya datang kembali ke Mabes Polri untuk dimintai keterangan tambahan. Walau saya terkena batuk berat tapi saya datang," kata Firli dalam keterangannya pada Rabu, 6 Desember 2023.

Firli berujar, dirinya sangat menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Untuk itu, dirinya sebagai warga negara yang baik akan patuh terhadap hukum. 

"Sesuai dengan komitmen saya bahwa sebagai negara hukum, saya menjunjung tinggi supremasi hukum. Saya hari ini ke Bareskrim memenuhi panggilan penyidik Bareskrim," tuturnya. 

Lebih jauh, Firli mengungkapkan, bahwa dirinya telah menjalani pemeriksaan tiga kali dalam proses penyidikan dalam kasus tersebut. 

"Saya sudah tiga kali dimintai keterangan di tahap penyidikan yaitu tanggal 24 oktober 2023, 16 November 2023 dan 1 Desember 2023," ungkap Firli. 

Dia menambahkan, dirinya sengaja memakai masker saat tiba di gedung Bareskrim Polri untuk menjaga dan melindungi kesehatan bersama. 

"Saya menggunakan masker untuk menjaga dan melindungi kesehatan bersama," tuturnya. 

Diketahui, Firli memenenuhi panggilan kedua penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri sebagai tersangka di kasus dugaan pemerasan ini. 

Firli pun bungkam tak menyampaikan pernyataan ke awak media setibanya di gedung Bareskrim Polri sekitar pukul 09.15 WIB.

Firli yang tampak mengenakan kemeja warna biru dan masker warna putih itu didampingi sejumlah pengawal sempat melambaikan tangan ke wartawan.sinpo

Komentar: