TKN Fanta Gelar Tes Kesehatan Gratis, Upaya Wujudkan Program Prabowo-Gibran

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 06 Desember 2023 | 16:14 WIB
TKN Fanta Prabowo-Gibran gelar pemeriksaan kesehatan gratis. (SinPo.id/Dok. TKN Prabowo-Gibran)
TKN Fanta Prabowo-Gibran gelar pemeriksaan kesehatan gratis. (SinPo.id/Dok. TKN Prabowo-Gibran)

SinPo.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat di Markas TKN Fanta HQ di Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 6 Desember 2023.

Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan mengatakan kegiatan tersebut sejalan dengan 'Program Hasil Terbaik Cepat' yang dituangkan dalam visi dan misi Prabowo-Gibran.

"Ini kan ada di delapan hasil terbaik cepat di visi misi Prabowo-Gibran tentang menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis, menurunkan kasus TBC 50 persen dalam lima tahun dan bangun RS lengkap berkualitas di kabupaten," kata Arief saat ditemui di lokasi, Rabu, 6 Desember 2023.

Arief menjelaskan, kegiatan tes kesehatan gratis itu juga sebagai kampanye ke masyarakat bahwa program Prabowo-Gibran dapat langsung dirasakan. Nantinya, kegiatan ini akan diselenggarakan oleh pendukung Prabowo-Gibran di berbagai daerah.

Selain itu, Arief mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan gratis itu melibatkan anak-anak muda dari berbagai latar belakang, terutama tenaga kesehatan.

"Jadi gini, kan di Fanta HQ ini seperti yang mungkin teman-teman sudah tahu ya bahwa Fanta HQ ini bangun ekosistem anak-anak muda dari berbagai latar belakang. Nah, hari ini yang kita buat kegiatan ini namanya Gemas ya atau Generasi Muda Indonesia Sehat, kan ada gemoy, ada Gemas," ujarnya.

"Ini dukungan dari teman-teman kelompok muda ya, kayak latar belakangnya perawat, ya. Kemudian ada ketuanya itu, Dokter Ardi, ya, dulu sekjen Perhimpunan Dokter Umum Indonesia, dan teman-teman anak-anak muda yang punya profesi atau latar belakang kesehatan," tandasnya.

Sebagai informasi, program pasangan Prabowo-Gibran mengenai kesehatan tercantum dalam salah satu Program Hasil Terbaik Cepat, khususnya di poin kedua.

Dalam poin itu, Prabowo-Gibran berjanji akan menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis, menurunkan kasus TBC 50 persen dalam lima tahun dan bangun RS lengkap berkualitas di kabupaten.

"Kesehatan adalah salah satu bagian penting dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Jumlah tenaga kesehatan (nakes) per populasi dan tempat tidur rumah sakit (RS) per populasi yang masih di bawah standar World Health Organization (WHO) harus segera dibenahi," tulis penjelasan program Prabowo-Gibran.

Selain itu, Prabowo-Gibran juga menilai bahwa akselerasi pemberantasan penyakit tuberkulosis (TBC) serta pembangunan RS harus menjadi prioritas utama untuk memastikan kualitas hidup manusia di Indonesia yang terjaga. 

"Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan dan pencegahan penyakit dengan pemeriksaan kesehatan tekanan darah, kadar gula darah, dan rontgen paru. Target pemberantasan TBC adalah mengurangi kasus TBC sebanyak 50 persen pada tahun 2029," tulis dalam program tersebut.

"Rumah sakit berkualitas akan didirikan di seluruh kabupaten dengan dukungan dan insentif yang menarik bagi dokter ahli yang akan bertugas di sana," lanjutnya.sinpo

Komentar: