DPR Minta Kemenag Lobi Arab Saudi untuk Tambah Petugas Haji

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 06 Desember 2023 | 16:56 WIB
Ilustrasi Ibadah Haji. (SinPo.id/Getty Images)
Ilustrasi Ibadah Haji. (SinPo.id/Getty Images)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi VIII, Ace Hasan Syadzily, meminta agar pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) agar segera melobi pemerintah Arab Saudi untuk menambah petugas Haji.

Karena sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan pemerintah Arab Saudi telah berencana untuk mengurangi petugas Haji pada 2024 nanti.

"Kami juga mendesak kepada Menteri Agama dan Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan pendekatan diplomatik kepada Pemerintah Arab Saudi agar petugas Haji kita bisa ditambah, karena jumlah jemaah Haji di tahun 2024 ini justru semakin banyak ya," kata Ace, dikutip Rabu 6 Desember 2023.

Selain Kemenag, pihaknya juga meminta kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk memastikan agar jumlah petugas Haji dapat lebih banyak. Karena hal itu juga merupakan bagian dari perlindungan terhadap rakyat Indonesia.

Terlebih, kata Ace, jumlah Jemaah Haji tahun 2024 mengalami peningkatan sebanyak 241 ribu jemaah, dan jumlah tersebut merupakan jumlah terbesar sepanjang sejarah Indonesia. Sehingga peningkatan petugas Haji sangat diperlukan.

"Saya kira harus dilakukan lobi secara terus-menerus (karena) persiapan Haji juga masih cukup lama," tandasnya.sinpo

Komentar: