Putin Kunjungi Arab Saudi untuk Bahas Konflik Israel-Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 07 Desember 2023 | 09:28 WIB
Pertemuan antara Putin dan Muhammad Bin Zayed (Sinpo.id/Reuters)
Pertemuan antara Putin dan Muhammad Bin Zayed (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id - Presiden Rusia, Vladimir Putin, dilaporkan telah tiba di Riyadh, Arab Saudi, untuk membahas mengenai konflik antara Israel-Palestina, dan menegaskan kembali peran Rusia di Timur Tengah.

Kemudian Putin dijadwalkan bertemu dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, untuk membahas minyak, Gaza, dan Ukraina, setelah bertemu dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan di Abu Dhabi.

Dilansir dari AP pada Kamis, 7 Desember 2023, perjalanan Putin ke wilayah tersebut merupakan yang pertama kalinya sejak sebelum pandemi virus corona melanda dan invasi Ukraina pada tahun 2022.

Bahkan saat bertemu dengan presiden UEA, Putin menawarkan untuk membahas kerja sama energi, konflik di Timur Tengah, dan krisis Ukraina. 

Ia juga memuji hubungan Rusia dengan UEA saat ini dan mengucapkan selamat kepada negara tersebut karena menjadi tuan rumah perundingan iklim COP28.

“Hari ini, berkat sikap Anda, hubungan kita telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Putin di istana kepresidenan, seraya mengatakan bahwa UEA adalah mitra dagang utama Rusia di dunia Arab.

 sinpo

Komentar: