Ganjar: Kampanye Momentum Mendengarkan Aspirasi Masyarakat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 08 Desember 2023 | 22:50 WIB
Ganjar saat kampanye di Merauke (Sinpo.id/Gesuri)
Ganjar saat kampanye di Merauke (Sinpo.id/Gesuri)

SinPo.id -  Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebut kampanye bukan sekadar ajang untuk pencarian suara. Kampanye merupakan momentum mendengarkan aspirasi rakyat.

Hal ini yang menjadi alasan Ganjar memilih berkeliling ke pelosok-pelosok di daerah yang memiliki daftar pemilih tetap (DPT) kecil pada Pilpres 2024.

"Banyak yang tanya karena saya mendatangi daerah yang potensi suaranya kecil. Kepemimpinan yang amanah adalah mendengarkan yang paling kecil, yang paling terpencil, dan yang paling banyak membutuhkan. Itu adil," kata Ganjar di Jakarta, Jumat, 8 Desember 2023.

Ganjar memulai kampanyenya di Merauke, dilanjutkan ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi, dan Kalimantan. Ia melakukan blusukan ke kabupaten-kabupaten kecil, seperti Maumere, Rote, Ende, Bima, Pontianak, dan daerah lainnya.

Menurut Ganjar, cara itu merupakan pendekatan yang dibutuhkan untuk membangun Indonesia. Dia menyatakan semua lapisan masyarakat harus terlibat dan tidak boleh ada yang ditinggalkan dengan alasan apa pun, terutama karena potensi suara yang kecil.

"Konsep saya sejak menjadi Gubernur Jawa Tengah dua periode adalah tidak boleh ada yang ditinggalkan dalam pembangunan," ujar Ganjar.

Selama berkeliling di berbagai daerah kecil di Indonesia, Ganjar mendengarkan masukan dari masyarakat, seperti soal kelangkaan pupuk, harga bibit dan obat-obatan yang tinggi, akses pelatihan dan permodalan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta isu-isu terkait pendidikan, kesehatan, perempuan, anak-anak, penyandang disabilitas, dan lainnya.
sinpo

Komentar: