Tank-Tank Israel Masuk Jantung Khan Younis

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 11 Desember 2023 | 07:42 WIB
Foto: Reuters
Foto: Reuters

SinPo.id -  Tank-tank Israel telah memasuki jantung Khan Younis dalam serangan baru ke kota utama Jalur Gaza selatan, ketika otoritas kesehatan di Gaza mengatakan sekitar 18 ribu warga Palestina telah tewas dalam konflik tersebut.

Penduduk Khan Younis mengatakan tank-tank tersebut telah mencapai jalan utama utara-selatan melalui kota tersebut setelah pertempuran sengit sepanjang malam yang memperlambat kemajuan Israel dari timur. Pesawat-pesawat tempur juga menggempur daerah sebelah barat.

Bunyi ledakan yang terus-menerus terdengar di wilayah tersebut, disertai dengan kepulan asap putih tebal yang membubung di atas kota yang padat penduduknya, karena dipenuhi orang-orang yang mengungsi dari wilayah Gaza yang lain.

“Saya perkirakan ketertiban umum akan segera rusak dan situasi yang lebih buruk bisa terjadi, termasuk wabah penyakit dan meningkatnya tekanan untuk mengungsi secara massal ke Mesir,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang gagal mendorong gencatan senjata di Gaza. Dilansir dari Reuters, Senin 11 Desember 2023.

Sementara itu, otoritas kesehatan Gaza mengatakan sekitar 18 ribu orang dipastikan tewas, 49.500 lainnya terluka dalam serangan Israel, dan ribuan orang lainnya hilang atau diperkirakan tewas di bawah reruntuhan.
sinpo

Komentar: