Ubud Bali Diproyeksikan Jadi Prototipe Gastronomi Dunia

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 13 Desember 2023 | 06:57 WIB
Ubud (Golden Monkey Ubud)
Ubud (Golden Monkey Ubud)

SinPo.id -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Ubud, Bali, diproyeksikan menjadi prototipe gastronomi dunia. Destinasi wisata gastronomi sendiri merupakan seni mempelajari makanan mulai dari proses hingga hasil akhir. United Nations World Tourism Organization (UNWTO) dari PBB akan datang ke Bali untuk memfinalisasikan Ubud sebagai prototipe.

"Ubud dipilih sebagai proyek percontohan karena kesiapan dan kolaborasi yang baik dari para pelaku parekraf dan para stakeholder di sana," ujarnya saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin 11 Desember 2023.

Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah Gianyar dan United Nation World Tourism Organization menggarap proyek untuk pegembangan Ubud sebagai destinasi pariwisata Gastronomi. Ubud dipilih sebagai pilot project karena kesiapan dan kolaborasi yang baik dari para stakeholder.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan UNWTO akan melakukan kunjungan secara resmi dan memaparkan hasilnya dalam UNWTO Gastronomy Tourism Development yang akan dilaksanakan di Bali, pada 14 Desember 2023. 

"Salah satu wacana yang akan digaungkan dalam UNWTO Gastronomy Tourism Development adalah pembentukan ‘Gastronomy Tourism Club’," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar Pande Putu Ayu Sri Ratnawati menjelaskan dengan beragam makanan dan kuliner lokal di Ubud, pihaknya berharap Ubud akan semakin dikenal dengan keasriannya.

"Sudah terbentuk tim kerja gastronomi yang akan menidaklanjuti hal tersebut. Makanan yang ada di Ubud mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam akan menjadi percontohan dunia, juga kuliner tradisional yang akan dikemas secara sehat," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir bersama Menparekraf Sandiaga Uno baik secara online ataupun offline para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. sinpo

Komentar: