Jelang Debat Cawapres, Mahfud Ngaku Tak Punya Persiapan Khusus

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 14 Desember 2023 | 17:33 WIB
Cawapres Mahfud MD (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Cawapres Mahfud MD (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI Mahfud Md mengaku tidak menyiapkan diri secara khusus untuk menghadapi debat kedua Pilpres 2024. Tema debat untuk cawapres sebagian besar terkait perekonomian.

"Saya enggak mau menyiapkan apa-apa. Pokoknya saya mau datang," kata Mahfud di kawasan Gambir, Jakarta, Kamis, 14 Desember 2023.

Debat kedua Pilpres 2024, merupakan debat yang mempertemukan antarcawapres. Tema debat kedua mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat kedua dijadwalkan pada hari Jumat, 22 Desember 2023. Lokasi debat belum diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Debat pertama dan kedua digelar pada 12 dan 22 Desember 2023.

Sementara itu, debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Debat terakhir dijadwalkan pada 4 Februari 2024.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Kendati begitu, pasangan capres dan cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Berbeda dengan tema debat pertama dan kedua, tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Sedangkan, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.sinpo

Komentar: