KPU Buka Opsi Debat Perdana Cawapres Digelar di Hotel

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 16 Desember 2023 | 18:22 WIB
Gedung KPU RI (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Gedung KPU RI (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat kedua pemilihan presiden (Pilpres) 2024 di bulan Desember 2023. Debat kedua ini diperuntukkan untuk calon wakil presiden (cawapres). 

Debat perdana cawapres tidak akan digelar di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, seperti debat calon presiden (capres) pada Selasa, 12 Desember 2023 lalu.

Komisioner August Mellaz menyatakan debat rencananya akan berlangsung di hotel dan berlokasi di Jakarta. Namun, KPU belum memutuskan lokasi detailnya.

"Untuk lokasi kita akan ketemu dengan pihak TV pool penyelenggaranya. Karena ada beberapa usulan. Di hotel. Di Jakarta," kata Mellaz dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 16 Desember 2023.

Mellaz memastikan tidak ada format debat yang berubah. Acara akan berlangsung selama 150 menit dengan durasi khusus debat yaitu sebanyak 120 menit.

"Format debat tidak mengalami perubahan. Jadi untuk debat kedua, nanti bisa diteruskan ketiga, keempat, kelima," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, debat cawapres Pilpres 2024 akan berlangsung pada hari Jumat, 22 Desember 2023. 

Adapun tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana capres dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.sinpo

Komentar: