Jelang Nataru, PLN Pastikan Pasokan Listrik Masyarakat Terpenuhi

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 21 Desember 2023 | 16:03 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan pihaknya akan memastikan keandalan pasokan listrik untuk melayani seluruh kebutuhan pelanggan agar masyarakat bisa merayakan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan aman dan nyaman.

"Kita ingin memastikan bahwa dalam rangka momentum Nataru ini harus zero mistake, zero tolerance, zero blackout, apapun tantangannya harus bisa kita selesaikan satu persatu,” kata Darmawan, Kamis 21 Desember 2023.

Meski demikian, ia menjelaskan bahwa ada tantangan yang harus dihadapi, yakni potensi cuaca ekstrem akibat dampak dari El Nino, seperti kekeringan panjang, yang diikuti curah yang tinggi disertai petir, angin kencang, dan banjir. Hal itu dapat mengancam instalasi ketenagalistrikan.

“Untuk itu kami sudah mempersiapkan sejak jauh hari setiap pembangkit kami, jaringan transmisi, jaringan distribusi, control center hingga operasi layanan pelanggan,” paparnya.

PLN juga memprediksi kebutuhan listrik masyarakat di momen Nataru 2024 adalah sebesar 43 Gigawatt (GW). Sementara PLN memiliki daya mampu pasok lebih dari 50 GW. Sehingga dari sisi kecukupan daya, statusnya sangat aman.

“Kami juga telah memiliki digital control system yang mampu mengatur sistem kelistrikan secara otomatis jika terjadi gangguan dari faktor eksternal. Hal ini membuat sistem kelistrikan PLN jauh lebih kokoh,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Darmawan, PLN juga telah menyiagakan sejumlah petugas di lokasi-lokasi perayaan Natal dan Tahun Baru, seperti Gereja dan tempat wisata, serta Bandara, Pelabuhan dan terminal bus yang menjadi titik mobilisasi masyarakat.sinpo

Komentar: