Pengamat: Tak Ada Keraguan saat Gibran Sampaikan Visi Misi di Debat Cawapres

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 23 Desember 2023 | 19:14 WIB
Cawapres Gibran Rakabuming Raka (SinPo.id/ Ashar)
Cawapres Gibran Rakabuming Raka (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Debat cawapres pertama pada Jumat, 22 Desember 2023 menjadi topik hangat di masyarakat. Pasalnya, cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang selama ini dianggap 'belum matang' tampil mengejutkan.

Pengamat politik Bawono Kumoro menyebut, tak ada keraguan saat Gibran menyampaikan gagasan dalam debat yang dihelat di JCC Senayan itu.

"Penampilan Gibran dalam debat kemarin malam memang cukup mengejutkan. Karena artikulasi Gibran dalam mengemukakan gagasan visi misi dan target ingin disasar sangat lancar mengalir," kata Bawono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 23 Desember 2023.

Selain jadi perbincangan di masyarakat umum, Gibran juga mendapat respon positif dari warganet. Menurut Bawono, banyak warganet yang terkejut dengan apiknya penampilan Gibran.

"Karena itu wajar saja bila netizen di media sosial merasa surprise dalam merespons performa Gibran," katanya.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat, 22 Desember 2023.

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD bakal beradu gagasan berbagai isu yang telah diramu oleh para panelis.

KPU telah menetapkan tema debat cawapres meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat berlangsung selama enam segmen dengan total durasi 120 menit. Dalam segmen 2,3,4, dan 5 masing-masing cawapres dapat berinteraksi dan saling sanggah.

Pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Adapun segmen ke-6 penyampaian pernyataan penutup setiap calon.sinpo

Komentar: