Debat Capres Ketiga, Ganjar Dapat Giliran Pertama Paparkan Visi-Misi

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 05 Januari 2024 | 20:37 WIB
Konpers persiapan debat capres ketiga di Gedung KPU (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Konpers persiapan debat capres ketiga di Gedung KPU (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mendapat giliran pertama untuk memaparkan visi-misi sesuai tema pada debat ketiga Pilpres 2024. Debat ketiga ini dihelat di Istora Senayan, Jakarta Pusat dan akan berlangsung pada Minggu, 7 Januari 2024. 

"Untuk debat ketiga ini penyampaian visi misi pada bagian pertama akan dimulai oleh calon presiden nomor urut 3 (Ganjar Pranowo)," kata Komisioner KPU RI, August Mellaz saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Jumat, 5 Januari 2024. 

Mellaz menjelaskan, tidak ada perubahan format yang dilakukan pada debat capres ketiga dari alur hingga durasi waktu. Ia menjelaskan bahwa debat dimulai pukul 19.00 WIB dengan durasi selama 150 menit.

"Untuk format alur dan kemudian durasi waktu terkait dengan pelaksanaan debat tidak mengalami perubahan, tetap debat akan diselenggarakan dalam durasi waktu kalau debatnya sendiri 120 menit tapi secara total 150 menit 30 menitnya untuk jeda iklan," ujarnya.

Selain itu, debat ketiga capres juga akan dibagi ke dalam enam segmen. Segmen pertama merupakan penyampaian visi-misi dan program kerja dari kandidat capres.

"Segmen kedua dan ketiga akan tetap sama pendalaman visi misi dan program kerja. Segmen keempat dan kelima tanya jawab dan tanggapan. Segmen ke-6 itu penutup atau closing statement dari masing-masing capres yang akan hadir pada debat ketiga," tandasnya.

Adapun yang akan menjadi tema pada debat ketiga nanti, yakni terkait pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Sebelumnya KPU telah menggelar dua kali debat Pilpres 2024. Debat pertama dilakukan oleh capres yang diselenggarakan pada 12 Desember 2023 di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Sementara itu, pada debat kedua yang mempertemukan cawapres diselanggarakan pada 22 Desember 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.sinpo

Komentar: