BMKG: Banten Berpotensi Dilanda Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 27 Januari 2024 | 08:23 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan enam daerah di wilayah Banten berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir hari ini, Sabtu, 27 Januari 2024.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang mengatakan pihaknya mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan cuaca buruk di enam daerah di wilayah Banten karena bisa menimbulkan bencana alam, seperti banjir, longsor, pergerakan tanah, pohon roboh hingga gelombang tinggi. 

"Keenam daerah di Banten yang berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir itu antara lain di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang," Sabtu, 27 Januari 2024 di Serang,

Sedangkan, Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang relatif aman dari peringatan dini tersebut.

Peluang hujan lebat yang berpotensi melanda enam daerah di Banten itu terjadi pada sore hari, namun juga pada siang hari hujan intensitas ringan dan sedang.

Suhu udara rata-rata 23-34 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan 60-90 persen dan angin bergerak dari arah barat hingga barat laut dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

BMKG mengeluarkan peringatan dini dan kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia, dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter (sedang) di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Sementara itu penyeberangan Pelabuhan Merak (Banten)- Bakauheni (Lampung), kata dia, untuk hari ini relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian 1,25 meter (rendah).sinpo

Komentar: