KPU Gelar Pleno Rekapitulasi Nasional Besok, Dimulai Suara Luar Negeri

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 27 Februari 2024 | 21:08 WIB
KPU RI menggelar konferensi pers terkait update perkembangan Pemilu 2024 (SinPo.id/ Ashar)
KPU RI menggelar konferensi pers terkait update perkembangan Pemilu 2024 (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada Rabu, 28 Februari 2024 besok, pukul 09.00 WIB, akan memulai rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, yang disiarkan secara langsung. Rekapitulasi tingkat nasional besok, dimulai dari suara pemilu di luar negeri. 

"Dari 128 PPLN (panitia pemilihan luar negeri), yang sudah hadir di kantor KPU ada 36 PPLN, yang sudah siap mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara yang akan kita mulai hari Rabu besok, 28 Februari," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Februari 2024. 

Hasyim menjelaskan, rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional besok, akan dihadiri oleh masing-masing saksi dari peserta pemilu, termasuk pihak terkait. 

"Dihadiri Bawaslu, DKPP, dan stakeholder yang berkaitan dengan kepemiluan. Nanti teman-teman jurnalis juga bisa meliput karena pleno terbuka, sehingga siapa pun bisa mengakses," ujarnya.

Hasyim menerangkan, UU Pemilu memberikan waktu pada KPU paling lama 35 hari usai pemungutan suara, untuk menetapkan hasil rekapitulasi perolehan suara secara nasional. 

Karena itu,, KPU memiliki batas waktu hingga 20 Maret untuk mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024.sinpo

Komentar: