Survei Indikator: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 28 Februari 2024 | 19:41 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis survei kepuasaan publik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah Pemilu 2024. Hasilnya, mayoritas responden puasa dengan kinerja Kepala Negara.

Berdasarkan hasil survei, 76,6 persen responden puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Angka itu terdiri dari,  27,0 persen responxen merasa sangat puas dan 49,6 persen cukup puas.

Sedangkan responden yang kurang puas sebanyak 11,4 persen. Sementara itu, 9,3 persen tidak puas dan tidak tahu atau tidak menjawab 2,7 persen.

"Artinya meskipun banyak hal yang menjadi perhatian publik, masyarakat secara umum masih percaya terhadap Presiden Jokowi," kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Hendro Prasetyo dalam keterangannya, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024.

Target populasi survei ini adalah WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memilik telepon. Sampel dipilih melalui metode random digit dialing (RDD) atau pembangkitan nomor telepon secara acak sebanyak 1.227 responden.

Margin of error survei +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancaran terlatih. Survei dilakukan pada 18-21 Februari 2024.sinpo

Komentar: