Pemprov DKI Prediksi Kebutuhan Beras Naik 3,5 Persen Menjelang Ramadan

Oleh: Lydia
Kamis, 07 Maret 2024 | 10:48 WIB
Kebutuhan beras naik menjelang ramadan (Foto: Oke Atmaja)
Kebutuhan beras naik menjelang ramadan (Foto: Oke Atmaja)

SinPo.id - Pemprov DKI Jakarta memprediksi, kebutuhan beras di Ibukota akan meningkat sebesar 3,53 persen menjelang bulan Ramadan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya telah berdiskusi dengan BUMD pangan agar stok beras aman.

"Pada saat Ramadan terjadi kenaikan kurang lebih pada 3,53 persen," kata Eli saat rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, Rabu, 6 Maret 2024.

Kemudian, lanjut Eli, kebutuhan beras akan kembali naik 4,67 persen pada saat Idul Fitri.

"Kalau pada saat Idul Fitri nanti kenaikannya adalah pada angka 4,67 persen," ujar Eli.

Meski demikian, Eli mengungkapkan bahwa kebutuhan komoditas daging sapi atau kerbau juga bakal mengalami peningkatan.

"Nah ada yang istimewa yang menjadi perhatian kita semuanya, yaitu daging sapi dan kerbau. Itu akan terjadi kenaikan memang sangat luar biasa, yaitu pada angka 8,63 dan pada saat Idul Fitri itu pada angka 14,05," jelas Eli.

Lebih lanjut, Eli mengklaim bahwa seluruh stok pangan aman dan cukup untuk melayani kebutuhan hingga Idul Fitri nanti.

"Saya bisa nyatakan dalam kondisi keseluruhannya adalah cukup. Kemudian masing-masing ada pada tugasnya. Beras tentu saja selain ada di Food Station, tentu saja kita juga kerja sama dengan Bulog dan pasar-pasar modern lainnya," ungkap Eli. 

"Kemudian daging sapi dan kerbau selain ada di Dharma Jaya ini pun ada pergudangan, pergudangan yang distributor dan importir," sambungnya.sinpo

Komentar: