Demokrat Tegaskan Tolak Hak Angket karena Pemenang Pilpres Sudah Ada

Laporan: Firdausi
Minggu, 10 Maret 2024 | 12:32 WIB
Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/ Dok. ATR/ BPN)
Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono (SinPo.id/ Dok. ATR/ BPN)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan partainya sangat menolak usulan hak angket DPR untuk penyelidikan dugaan kecurangan Pemilu 2024.

AHY mengklaim Pemilu 2024 sudah selesai dan suara pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul telak ketimbang dua paslon lainnya.

"Demokrat menolak. Kami menolak secara tegas," kata AHY kepada wartawan, Minggu, 10 Maret 2024.

Menteri ATR/BPN ini mengungkapkan hak konstitusional di atas hak angket, karena itu ia menilai banyak kepentingan terselebung dari hak angket yang saat ini digulirkan oleh fraksi di DPR.

"Kami menghormati ya siapa pun di negeri ini yang menggunakan hak politik (hak angket). Hak politik itu kan berbagai format yang penting konstitusional," tuturnya.

Kendati demikian, AHY mengakui selama dirinya berkampanye tiga bulan ke daerah- daerah, sudah terlihat adanya gelombang dukungan besar dari rakyat terhadap Prabowo- Gibran.

Atas hal itulah, dia meyakini dengan perolehan suara 02 saat ini, Prabowo - Gibran dipastikan menjadi pemenang di Pilpres 2024 ini.

"Tapi kalau jaraknya seperti itu. Ya bukan besar kepala ya. Tapi memang dukungan rakyat ke Pak Prabowo itu besar. Jadi memang itu dukungan besar dari rakyat untuk Pak Prabowo," tegasnya. sinpo

Komentar: