Masjid Istiqlal Gelar Buka Bersama Gratis Selama Ramadan

Oleh: Lydia
Selasa, 12 Maret 2024 | 16:59 WIB
Suasana Masjid Istiqlal  (Foto/Kemenag)
Suasana Masjid Istiqlal (Foto/Kemenag)

SinPo.id - Masjid Istiqlal bakal menggelar buka puasa bersama untuk masyarakat umum gratis setiap harinya pada bulan Ramadan 2024. 

Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Ismail Chawidu mengatakan, pihaknya menyediakan santapan buka puasa untuk 4.000 orang pada Senin sampai Kamis.

"Persiapan panitia tahun ini kita tingkatkan. Untuk buka bersama kalau tahun lalu kita setiap hari Senin, Selasa Rabu, Kamis itu kita siapkan 3.000 itu tahun lalu. Sekarang kita naikan jadi 4.000," kata Ismail saat dikonfirmasi, Selasa, 12 Maret 2024.

Untuk hari Jumat sampai Minggu, lanjut Ismail, pihaknya menyediakan santapan sebanyak 6.000 porsi.

"Tahun lalu itu hari Jumat, Sabtu, Minggu itu 4.000 kalau tahun ini kita naikan jadi 6.000," ujar Ismail.

Adapun penambahan kuota buka puasa bersama ini karena banyaknya warga yang datang ke Istiqlal untuk berbuka setiap tahun. 

"Mengingat dari tahun ke tahun animo masyarakat yang datang itu besar. Kalau 10 hari terakhir itu kan ada iktikaf kita siapkan yang tidak pulang 2,500 boks tiap subuh," jelas Ismail. 

Untuk memenuhi kuota tersebut, Istiqlal pun bekerjasama dengan 11 penyedia katering. 

"Karena kalau melayani 4.000 kan gak mungkin satu katering. Kita jaga makanannya jangan sampai basi karena jam empat sore sudah harus siap," tuturnya. 

Ia mengimbau masyarakat yang ingin berbuka puasa di Masjid Istiqlal untuk datang lebih awal agar mendapatkan sajian dan tempat untuk berbuka.

"Datang lebih awal agar tidak rebutan tempat. Jika bawa orang tua dan anak-anak (harus) ada pendamping. Berpakaian sederhana saja jangan berlebihan atau berhias kan ini mau ibadah," imbuhnya.
 sinpo

Komentar: