PEMILU RUSIA 2024

Aksi Lempar Molotov dan Petasan Terjadi di TPS saat Pemilu Rusia

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 16 Maret 2024 | 05:06 WIB
Rusia (pixabay)
Rusia (pixabay)

SinPo.id -  Aparat keamanan Rusia menangkap 13 orang pelaku onar saat hari pertama pemilihan presiden di Rusia pada Jumat 15 Maret 2024. Informasi itu dilansir dari laman AFP.

Para pelaku onar melakukan aksi membakar hingga melempar molotov ke tempat pemungutan suara (TPS). Ini terjadi di Moskow.

Aksi lainnya di Volgograd, Voronezh, Karachay-Cherkessia, dan Rostov. Tujuh orang ditahan karena menuangkan cairan ke surat suara. Lalu,  seorang perempuan berusia 31 tahun ditahan karena menuangkan pewarna ke dalam kotak suara di Krimea.

Di Ukraina Selatan yang diduduki, pejabat proksi mengatakan ada bahan peledak diledakkan di tempat pemungutan suara. Lalu, dua perempuan di Siberia dan Saint Petersburg ditahan karena melemparkan bom molotov ke TPS. Sementara itu, di Chelyabinsk, seorang pria ditangkap karena menyalakan petasan saat pemungutan suara.

Ketua pemilu Rusia Ella Pamfilova mengatakan insiden tersebut memiliki ciri-ciri terorisme. "Ini bukan hooliganisme biasa dan sederhana," katanya seperti dikutip kantor berita RIA.
sinpo

Komentar: