Menlu AS Kunjungi Riyadh untuk Diskusi soal Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 29 April 2024 | 09:23 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (SinPo.id/AP)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, dikabarkan berangkat ke Riyadh untuk melakukan pembicaraan regional mengenai bantuan kemanusiaan di Gaza, peta jalan pascaperang untuk wilayah Palestina, serta stabilitas dan keamanan di Timur Tengah. 

“Menteri Luar Negeri akan membahas upaya yang sedang berlangsung untuk mencapai gencatan senjata di Gaza yang menjamin pembebasan sandera dan bagaimana Hamas berdiri di antara rakyat Palestina dan gencatan senjata,” kata Departemen Luar Negeri AS, dilansir dari VoA pada Senin, 29 April 2024.

Blinken dijadwalkan akan berpartisipasi dalam pertemuan tingkat menteri Dewan Kerja Sama Teluk, atau merek yang tergabung dalam aliansi regional negara-negara Arab yang berbatasan dengan Teluk Persia yang berkumpul di ibu kota Arab Saudi.

Sementara itu, Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, AS terus mendorong gencatan senjata enam minggu dalam perang yang terjafi selama hampir tujuh bulan di Gaza.

Bahkan dia juga mengatakan Israel telah meyakinkan para pejabat AS bahwa mereka tidak akan mengirim pasukan darat ke kota Rafah, yang kini menjadi tempat bagi para pengungsi.sinpo

Komentar: