DPR: Perlu Ada Pendekatan Diplomasi Demi Tercapainya Perdamaian di Timur Tengah

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 29 April 2024 | 11:53 WIB
Anggota Komisi I DPR RI, Helmy Faishal Zaini. (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi I DPR RI, Helmy Faishal Zaini. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI, Helmy Faishal Zaini, meminta pemerintah untuk mengambil pendekatan diplomasi sebagai upaya meredam konflik yang ada di Timur Tengah, agar tercapainya perdamaian.

"Pemerintah perlu mengambil pendekatan diplomasi yang kuat dengan mempromosikan perdamaian dan menekankan pentingnya dialog multilateral,” kata Helmy, melalui keterangan persnya, dikutip pada Senin, 29 April 2024.

Menurutnya, konflik di Timur Tengah harus diredam karena dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi dunia, termasuk Indonesia lantaran adanya fluktuasi harga minyak dan gangguan dari segi perdagangan. Hal itu juga akan membuat masyarakat tercekik dengan melambungnya harga kebutuhan pokok

Pasalnya, impor minyak mentah dan bahan pangan dasar seperti beras, kedelai, dan gandum, akan terganggu, dan menyebabkan inflasi yang tinggi.

"Dengan memperkuat kerja sama internasional, meningkatkan keamanan domestik, dan memperkuat resiliensi ekonomi, Indonesia dapat mengurangi dampak negatif dari konflik di Timur Tengah,” ungkapnya.

Diketahui, kawasan Timur Tengah semakin memanas akibat eskalasi perseteruan antara Iran dan Israel. Hal itu dipicu oleh serangan Israel terhadap fasilitas diplomatik Iran yang menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal penting.

Kemudian Iran melakukan serangan balasan dengan menembakkan puluhan rudal balistik dan ratusan pesawat nirawak ke Israel pada 13 April lalu.sinpo

Komentar: