Jelang IdulAdha 2024, Pasokan Hewan Kurban ke Jakarta Diprediksi Naik

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 30 April 2024 | 01:35 WIB
Ilustrasi hewan kurban (SinPo.id/unv. Airlangga)
Ilustrasi hewan kurban (SinPo.id/unv. Airlangga)

SinPo.id - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memperkirakan pasokan hewan kurban di Iduladha tahun 2024 bakal naik dibandingkan tahun lalu. Hewan kurban masuk ke Jakarta diperkirakan mencapai 63.000 ekor.

"Kalau belakar dari tahun lalu, kenaikan itu tak lebih dari 3-7 persen. Sekitar 63.000 sekian. Termasuk kambing, domba dan kerbau," ujar Kadis KPKP, Suharini Eliawati kepada wartawan, Senin, 29 April 2024.

Suharini menjelaskan, pihaknya saat ini tengah berkomunikasi dengan pemerintah daerah yang akan melakukan pengiriman hewan kurban. Koordinasi dilakukan agar pengiriman yang dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Misalnya ada sapi 100 ekor dari Banyuwangi masuk ke Jakarta. Selain dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan, pejabat otoritas vateriner (POV) memastikan sapi itu berasal dari lingkungan yang tidak pernah terjadi indikasi penyakit menular lainnya," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan untuk tempat penjualan hewan kurban jelang Hari Raya Iduladha 2024. Suharini mengatakan, pemeriksaan dilakukan oleh Suku Dinas tiap kota. Ia juga mengungkap nantinya sebagian besar lokasi penjualan akan digabung.

"Nah kita beberapa kali melakukan trobosan. Kalau dulu kan sepanjang jalan, misal kalau sekarang sudah sebagian besar dikumpulkan," kata Suharini.

Sebelumnya, Dinas KPKP DKi telah melakukan pemetaan untuk pengiriman hewan kurban dari daerah ke Jakarta. Suharini mengatakan, pemetaan pengiriman hewan kurban itu guna persiapan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Misal, sebagian besar hewan kurban yang masuk ke Jakarta sebagian besar dari Jawa Timur, kemudian yang terdekat dari Lampung, itu keta yang petakan," ujar Suharini. sinpo

Komentar: