PENERIMAAN NEGARA

Penerimaan Negara di Jatim Melebihi Perolehan Nasional, DPR: Kami Apresiasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 30 April 2024 | 10:52 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurniawati (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurniawati (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurniawati, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kenaikan penerimaan negara di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang melebihi rata-rata perolehan nasional. 

Karena berdasarkan data Kementerian Keuangan, realisasi pendapatan negara di Jatim tahun 2023 naik sebesar 102 persen dari target, sementara realisasi tingkat nasional di kisaran 101 persen dari target sebelumnya.

"Antara target dengan realisasi tidak jauh-jauh amat. Dari sisi kepatuhan, semuanya sesuai dengan target. Maka untuk itu, kami berikan apresiasi," kata Indah melalui keterangan persnya, dikutip Selasa 30 April 2024.

Menurutnya, tingginya angka penerimaan negara tersebut dikarenakan Jatim memiliki banyak pabrik, sehingga menjadi wilayah industri dengan tingkat produktivitas yang tinggi, sert memiliki kontribusi besar bagi negara.

Bahkan capaian Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jatim per kuartal I 2024 memperoleh realisasi 22,5 persen dari total target tahun ini yang mencapai Rp121,13 triliun. Tingkatan realisasi tersebut lebih besar dibandingkan realisasi nasional yang berada di kisaran 20,33 persen dari targetnya tahun 2024.sinpo

Komentar: