PERDAGANGAN DENGAN MESIR

Pemerintah Siap Kolaborasi Perdagangan dengan Mesir di Bidang Kelapa Sawit

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 30 April 2024 | 11:17 WIB
Ilustrasi kelapa sawit (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi kelapa sawit (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan kolaborasi perdagangan antara Indonesia—Mesir di bidang minyak kelapa sawit.

Rencana kolaborasi tersebut ia sampaikan saat dirinya bertemu dengan Presiden Direktur perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit Savco, Ammar Aboullaban, di Provinsi Sharqia, Mesir.

“Pada tahun lalu, Savco telah lebih dulu mengunjungi Sinar Mas, salah satu perusahaan minyak kelapa sawit Indonesia untuk membahas potensi kerja sama," kata Jerry, dikutip Selasa 30 April 2024.

"Savco menyampaikan minatnya menjadi agen Sinar Mas di Mesir dan ingin mengimpor minyak curah Indonesia. Jumlahnya cukup besar, yaitu mencapai 5 ribu ton setiap bulannya untuk dikirim ke Pelabuhan Adabya di Mesir. Terkait dengan hal itu, kami sedang menyiapkan kolaborasi perdagangan dengan Savco,” lanjutnya.

Ia juga berharap, kolaborasi tersebut dapat segera terwujud, dan perusahaan-perusahaan Mesir di bidang minyak kelapa sawit lainnya dapat ikut bergabung.

“Kolaborasi ini merupakan langkah maju untuk Indonesia—Mesir. Pemerintah Indonesia di Mesir akan segera memfasilitasi kolaborasi antara Savco dengan salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar di Indonesia tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, kata Jerry, ekspor terbesar untuk komoditas minyak kelapa sawitke Mesir merupakan produk hasil rafinasi dan fraksinasi yang memberikan kontribusi sebesar 31 persen dari total nilai ekspor Indonesia ke Mesir. Nilai ekspor tersebut mencapi USD 1,31 miliar.sinpo

Komentar: