BNPB: Ribuan Warga di Sekitar Kawah Gunung Ruang Telah Dievakuasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 01 Mei 2024 | 07:36 WIB
Erupsi Gunung Ruang (SinPo.id/ AFP)
Erupsi Gunung Ruang (SinPo.id/ AFP)

SinPo.id - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, kapal penyelamat dan kapal perang telah dikerahkan untuk membantu relokasi sedikitnya 12 ribu orang dari dekat kawah gunung ruang yang statusnya telah naik ke level IV atau 'Awas'.

"Badan mitigasi bencana setempat, TNI dan polisi telah mengevakuasi warga,” kata Abdul, dilansir dari ABC, Rabu, 1 Mei 2024.

Sebanyak 843 warga yang tinggal di Pulau Ruang, tempat gunung berapi itu berada, kini telah dipindahkan ke Manado. Sementara Penduduk Pulau Tagulandang direlokasi ke Pulau Siau.

Pihaknya juga mengimbau agar warga tidak mendekati gunung tersebut lantaran Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memperingatkan bahwa letusan gunung ruang kemungkinan dapat memicu terjadinya tsunami, seperti yang pernah terjadi di tahun 1871 silam.

Seperti diketahui, Pulau Ruang hanya berjarak sekitar 100 kilometer dari Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Sehingga bandara Sam Ratulangi Manado, terpaksa ditutup pada hari Selasa hingga Rabu siang.sinpo

Komentar: