BNPB Imbau Pengungsi Gunung Ruang jangan Percaya Berita Hoaks

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 04 Mei 2024 | 15:54 WIB
Erupsi gunung ruang (SinPo.id/AFP)
Erupsi gunung ruang (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, untuk tidak percaya dengan hoaks atau berita-berita bohong.

"Banyak hoaks yang menyebar di sejumlah media sosial, tidak usah dipercaya. Biar saja informasi yang benar dari pemerintah," ujar Kepala BNPB Suharyanto, Sabtu, 4 Mei 2024.

Menurut Suharyanto, BNPB dan masyarakat menerima berbagai berita hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, lantaran hanya membuat warga semakin takut dan bingung.

"Saat ini pemerintah fokus pada penanganan warga yang mengungsi serta distribusi bantuan yang menjadi kebutuhan utama warga," ungkap dia. 

Seperti diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi secara resmi menaikkan status Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara menjadi level IV atau ‘AWAS’ pada hari ini, Rabu, 17 April 2024 pukul 21.00 WITA.

Hal ini disampaikan Kapusdatinkom BNPB, Abdul Muhari dalam siaran persnya, Kamis, 18 April 2024.

"Peningkatan level tertinggi untuk status gunungapi itu dilakukan setelah Gunung Ruang menunjukkan adanya aktivitas vulkanik yang terus meningkat sejak awal bulan ini," kata Muhari.

Hasil catatan instrumental yang dirilis PVMBG, pada tanggal 16 April 2024 pukul 21.45 WITA, Gunung Ruang mengalami erupsi eksplosif dengan estimasi tinggi kolom mencapai 2.000 meter dari puncak.

Kondisi itu terus meningkat hingga kolom abu mencapai 2.500 meter dari puncak pada tanggal 17 April 2024 pukul 01.08 WITA.sinpo

Komentar: