May Day, Prabowo Ajak Buruh Bersama-sama Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 01 Mei 2024 | 14:52 WIB
Prabowo Subianto mengucapkan selamat Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei 2024. Prabowo mendoakan agar seluruh pekerja dan buruh, makin maju dan sejahtera. (SinPo.id/Tangkapan layar video)
Prabowo Subianto mengucapkan selamat Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei 2024. Prabowo mendoakan agar seluruh pekerja dan buruh, makin maju dan sejahtera. (SinPo.id/Tangkapan layar video)

SinPo.id - Presiden terpilih Prabowo Subianto mengajak kelompok buruh berjuang bersama mewujudkan visi Indonesia menjadi negara maju atau Indonesia Emas 2045. Sebab, masa depan Indonesia yang gemilang dapat terwujud dengan kerja sama semua pihak.

"Saya Prabowo Subianto mengucapkan Selamat Hari Buruh Nasional 1 Mei 2024. Semoga seluruh pekerja di Indonesia dan keluarga besar buruh semakin maju, semakin sejahtera, semakin kompak, bersatu untuk bersama-sama berjuang menuju Indonesia Emas," kata Prabowo dalam rekaman video yang diterima wartawan, Jakarta, Rabu, 1 Mei 2024.

Pada peringatan Hari Buruh tahun ini, Prabowo ingin semua pihak, khususnya buruh bersatu mewujudkan Indonesia menjadi negara yang lebih hebat. Indonesia yang sejahtera akan dirasakan hingga anak dan cucu masyarakat Tanah Air.

"Mari kita bangun masa depan yang lebih baik untuk seluruh warga negara Indonesia, semua pekerja, semua buruh dan keluarganya agar anak-anak dan cucu-cucu kita mengalami Indonesia Emas yang lebih hebat lagi," kata Prabowo.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga mendukung perjuangan para pekerja untuk lebih sejahtera. Dia ingin semua buruh mempertahankan semangat juang mencapai Indonesia yang lebih baik.

"Mari kita teruskan semangat juang para buruh untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan bersama," kata Jokowi.

1 Mei diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Buruh Internasional atau disebut May Day. Di Indonesia, 1 Mei resmi menjadi bagian dari hari libur nasional pada masa pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hak-hak buruh yang berhasil diperjuangkan berkat aksi massa kelompok buruh, di antaranya kebijakan jam kerja 8 jam sehari, gaji yang layak sebagaimana ditetapkan dalam standar upah minimum. Termasuk, adany pemberian tunjangan hari raya (THR).

Pada peringatan Hari Buruh 2024, serikat buruh di berbagai daerah menggelar aksi damai untuk memperjuangkan hak dan perlindungan buruh yang belum terwujud, misalnya kebijakan pemecatan sepihak dan tuntutan revisi Undang-Undang Cipta Kerja.

Di Jakarta, aksi massa memperingati May Day 2024 diperkirakan dihadiri lebih dari 10.000  orang dari berbagai konfederasi dan serikat pekerja.sinpo

Komentar: