Surya Paloh Pastikan NasDem Tak Pernah Minta Sesuatu di Pemerintahan Prabowo

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 02 Mei 2024 | 16:47 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto menyambut baik kedatangan Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Kertanegara untuk silahturahmi dan bekerja sama (Ashar/SinPo.id)
Presiden terpilih Prabowo Subianto menyambut baik kedatangan Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Kertanegara untuk silahturahmi dan bekerja sama (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memastikan partainya tak pernah meminta sesuatu saat memutuskan masuk barisan pemerintahan. Termasuk, kepada pemerintahan baru Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Surya menegaskan NasDem tetap menjaga nilai, harkat, dan martabat. Dia menyebut keputusan untuk masuk ke pemerintahan Prabowo-Gibran murni karena realitas politik.

"NasDem tidak berpadu dalam mengutarakan kami terpilih lalu masuk barisan meminta sesuatu. Kita tetap menjaga nilai, values, harkat dan martabat kita. Tapi kita harus berpijak pada realisme politik itu sendiri," kata Surya di Akademi Bela Negara (ABN) Nasdem, Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis, 2 Mei 2024.

Tak hanya itu, Surya menjelaskan alasan NasDem langsung mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran pemenang Pilpres 2024 sebagai gaya politik partainya. NasDem menganggap pertandingan sudah berakhir dan wajib menghormati pemenang.

"Nah ini komunikasi politik gaya NasDem. Selesai pertandingan, kebetulan kita tidak menang, kita ucapkan selamat kepada pemenang," kata Surya.

Di sisi lain, Surya kembali menjelaskan posisi NasDem berada di dalam atau di luar pemerintah. NasDem, kata Paloh, memberikan dukungan di dalam barisan pemerintahan baru.

"Jadi kalau ada yang menanya mana yang lebih baik, berada di luar pemerintahan atau berada dalam barisan pemerintahan. Kita sudah berada di dalam pemerintahan, kita juga dikasih kesempatan belajar di luar pemerintahan, dan sekarang kita memberikan dukungan di dalam barisan pemerintahan," tegas Surya.sinpo

Komentar: