PKB Bakal Buat Poros Koalisi untuk Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 02 Mei 2024 | 19:14 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda. (SinPo.id/Sigit Nuryadin)
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda. (SinPo.id/Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan bakal membuat poros koalisi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat untuk melawan petahana Ridwan Kamil. 

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda menyebut, partainya buruh rekan koalisi untuk dapat mengusung pasangan Cagub dan Cawagub di Jawa Barat. 

Hal itu, kata dia, lantaran PKB di Jawa Barat membutuhkan tambahan dukungan sembilan kursi DPRD untuk bisa mengusung paslon sendiri. 

"PKB Jawa Barat memastikan untuk gubernur akan bikin poros di luar kang Ridwan Kamil," kata Syaiful kepada wartawan di Hotel Sahid Jakarta pada Kamis, 2 Mei 2024.

Dia juga memastikan, PKB telah berkomunikasi dan hampir menjalin kata sepakat untuk mengusung pasangan cagub dan cawagub di Pilkada Jabar. Namun, Syaiful tidak menyebut partai yang akan menjadi rekan koalisi PKB. 

Selain itu, dia memastikan calon gubernur tersebut merupakan kader internal PKB.

"Prunsipnya insyaallah sudah ada kesepakatan PKB akan mengusung calon gubernur. Wakil gubernurnya akan kita serahkan pada partai koalisi yang nanti memastikan bergabung dengan PKB," ungkap dia. 

Sebagai informasi, PKB Jawa Barat berencana mengusung dua nama internal yakni Syaiful Huda dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.sinpo

Komentar: